Kamis, 10 Juni 2010

Ketika artist dan engineer berkolaborasi bersama

Alhamdulillah saya diwajibkan oleh ITB untuk mengambil 9 SKS non-prodi, yaitu SKS yang harus diambil dari luar program studi Informatika. Alhasil, saya mencari mata kuliah yang tidak terlalu susah (karena tugas di Informatika pastinya akan sangat berjibun apalagi saya mengambil mata kuliah pemrograman internet) namun memberikan keuntungan maksimal (baik dari sisi ilmu maupun dari sisi nilai. Hehehehe). Akhirnya saya memutuskan mengambil mata kuliah Media Interaktif (prodi Desain Komunikasi Visual) dan juga Keamanan Informasi (prodi Sistem dan Teknologi Informasi)

Nah, pada tulisan ini saya ingin berbagi mengenai kuliah Media Interaktif saya. KUliah ini saya ambil bersama rekan-rekan Informatika lainnya, di antaranya Mas Geribaldy, Wafdan, Iqbal, Mas Inez, dan beberapa rekan Informatika yang lainnya.

Awalnya saya ragu, karena seperti halnya anak IF yang membutuhkan pengetahuan dasar “coding” untuk menyelesaikan tugas-tugasnya, maka temen2 di DKV pun pastinya membutuhkan skill dasar “menggambar” baik itu secara digital maupun manual. Nah, dari manakah skill itu saya dapat? Ternyata setelah saya lihat di website kuliah, kuliah ini tidak sepenuhnya art! Dibutuhkan interaktifitas yang tidak lain hanya bisa didapat dengan coding. Hohohoho. Apalagi setelah saya konsultasi dengan dosen yang bersangkutan, Bapak Intan R. Mutiaz, beliau telah mengkonfirmasi bahwa saya tidak akan terhambat dalam mengikuti kuliah ini. Alhamdulilla wali saya Bu Ayu PUrwarianti pun mengizinkan.

Setelah bergelut dengan sedikit teori, maka masuklah kami ke sesi “TUGAS BESAR!”. Sesi ini disebut “PROYEK” di sana, dikerjakan 5-7 orang di mana satu tim biasanya terdiri dari 2-3 anak Informatika (banyak juga ya mahasiswa informatika yang mengambil kuliah ini). Tugasnya adalah, membuat sebuah media interaktif dari flash dengan tema kuis mengenai ITB!

Kemudian kami langsung berkumpul dan rapat. Dari hasil rapat, kami akan membuat sebuah kuis di mana dengan manipulasi grafis, tim kami akan menghilangkan suatu benda yang ada di ITB dan menanyakan benda apa yang hilang sebenarnya. (screenshotnya akan saya tampilkan nanti). Ada 12 pertanyaan, masing-masing dengan 3 level yang berbeda. Level berikutnya hanya akan bisa diakses ketika level lebih bawah telah terjawab semua. Untuk setiap pertanyaan, terdapat 7 animasi yang akan memberitahu apakah jawaban pemain benar dan 7 animasi lain yang akan memberitahu apakah jawaban pemain tersebut salah (akan di-random animasi mana yang akan muncul). Dan di akhir permainan, terdapat 12 kemungkinan karakter yang akan muncul, bergantung kepada total benar dari 12 pertanyaan yang dijawab oleh pemain. Bayangkan, action script nya buat saya memang sederhana. Tapi tentunya temen2 DKV lebih baik fokus kepada animasi dan manipulasi grafis yang ada.

Nah, pekerjaan awal kami adalah membuat welcome screen. Ide welcome screen kami datang dari salah satu production house film besar. DREAMWORKS kalo ga salah. Inilah screenshotnya :

image

Dan kemudian inilah halaman menunya :

image

Kuis ini menceritakan tentang kegagalan riset yang terjadi di ITB, yang menyebabkan manusia terpisah antara jiwa dan raganya. Nah, untuk itulah muncul tokoh yang memakai topi tanda tanya di atas, yang menuntun setiap manusia yang terpisah antara jiwa dan raganya mendapatkan kembali jati dirinya (raganya). (karena itu di akhir permainan ada penjelasan siapakah diri kita sebenarnya). Cerita ini dikemas dengan sangat luar biasa melalui animasi 3D yang dibuat oleh salah seorang rekan saya :

image

image

Nah, si Tokoh ini meminta kita untuk menjawab pertanyaan2 yang akan diajukannya mengenai benda-benda hilang di ITB. Kita dapat memilih salah satu peta untuk memilih pertanyaannya…. (di area yang diberi warna kuning)

image  

Nah, misalnya kita memilih salah satu area di sana, si TM (tokoh yang bertopi kuning)maka TM akan memberikan petunjuk kepada kita mengenai area yang ada di sekitar benda yang hilang :

image

Nah, kemudian muncullah halaman pertanyaan yang harus dijawab (hayo, prasasi mana yang benar?):

image

Misalnya saya menjawab yang paling kiri : makan akan muncul animasi yang akan menunjukkan apakah jawaban saya benar atau salah :

image

image

Nah, di akhir permainan (setelah menjawab 12 pertanyaan), kita akan tahu siapa kita sebenarnya, tergantung jumlah jawaban yang benar. Ini adalah salah satu kemungkinan jawaban yang keluar. Terus terang saya lupa berapa jawaban yang benar agar keluar jawaban ini. Harus lihat kodenya dulu. Hahahaha

image

Kemudian muncul halaman kreditnya dehhh :

image

Juga terdapat fitur help dan juga setting :

image image

Masih ingat salah satu jargon ITB? “Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni”. Mungkin diwakili oleh Science, Engineering, dan Art. Nyatanya, orang-orang desain/art (karena orang desain di DKV orang art juga) dan orang2 engineer jarang2 bergabung bersama. Saya baru melihat hanya di game house aja cem agate para artist dan engineer berkolaborasi. Jarang2 di kuliah cem gini. Akhirnya, saya bisa memperlihatkan hasil kolaborasi tersebut.

FYI, walaupun codingannya sederhana, tapi ini adalah software paling interaktif dan menarik yang saya buat. Tentu saja, kalau saya engineer sendiri mah ga akan jadi kayak gini. Tapi ini adalah bentuk kolaborasi yang luar biasa antara artist dan engineer (desain game nya waktu itu kita rancang bareng2 soalnya, walaupun saya ga terlalu terlibat di situ sih >.<). (eh tapi  masih ada bug nya lo. Hehehehe). Dan FYI lagi, game ini lebih interaktif daripada software yang saya buat untuk kuliah Interaksi Manusia Komputer (hahahahaha). [Hhmm. mungkin kuliah IMK sedikit banyak harus ada campur tangan dosen DKV juga jadi desain interface bisa dipandang dari sisi art,selain dari science of interaction]

Nah, penasaran sama game nya? Hubungi saya untuk mendapatkan softcopy nya. Hohohoho (eh tapi masih ngebug juga sih, tapi ga banyak kok ^^ )

Thanks buat seluruh tim Media Interaktif saya ^^

2 komentar:

hchoirihendra mengatakan...

Nice Inpoh gaan..
Keren.. keren kereeeenn...

Wah, jadi tertarik ngambil media interaktif juga nih..

Kapan2 minta game nya itu ya Mas, hehehe...

Fauzan mengatakan...

Mantap, jadi pengen coba. Jadiin game di fesbuk aja.

#btw, 'itu' DreamWorks banget.

Endangered Animal of the Day : Lupakah Kita Akan Keberadaan Mereka?