Selasa, 09 Maret 2010

Tugas Keamanan Informasi Ketiga

Sebenarnya saya tidak begitu mengerti dengan tugas Kemanan Informasi yang satu ini. Saya hanya disuruh menampilkan code program itu sendiri ke layar. Beberapa sumber saya dapatkan, termasuk contoh kelas Quine dalam bahasa Java. Nah, berdasarkan referensi itu akhirnya saya membuat program yang hampir mirip (bahkan sepertinya sama sekali tidak ada bedanya secara logic) menggunakan bahasa C#. IDE yang digunakan standar – Visual Studio 2008 Team System. Saya membuat sebuah project baru yaitu project console application Berikut ini adalah screenshotnya :

image

Setelah di build dan di run hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini :

image

Sengaja saya buat kesamping agar mudah membuat string di dalam code program yang sebenarnya adalah code program itu sendiri. Kalau dirapikan, kode program tersebut akan tampil seperti di bawah ini :

image

static string s di atas itu sengaja saya buat ke bawah agar saya bisa captrue seluruh bagian kode ini.

Actually, awalnya yang saya pikirkan setidaknya adalah sebuah program yang menggunakan StreamReader untuk membaca source code dirinya sendiri dan menampilkannya juga ke layar. Tapi takut salah, sudahlah.

Tugas berikutnya adalah bagaimana caranya menyembunyikan kata “kuliah dibatalkan” dengan sebuah mekanisme tertentu (steganografi yah namanya?). Saya sudah punya ide, dengan menyembunyikan informasi tersebut dalam sebuah file gambar. Tapi ntahlah, semoga waktunya cukup. Tugas sedang menggila, termasuk tugas kuliah di Seni Rupa yang masih belum tersentuh. Hahaha. Ditambah lagi tugas pemrograman internet yang disuruh bikin halaman Moodle + Facebook. Jyah…. Saya berharap dengan kemampuan saya yang agak mepet ini semuanya bisa dilalui dengan sempurna. Amin….

Tidak ada komentar: