Kamis, 11 Maret 2010

Steganografi : Tugas keamanan informasi

Nah, tugas Keamanan Informasi yang sekarang sangat menarik. Steganografi, yang menyembunyikan informasi lewat informasi yang lainnya. Berbeda dengan kriptografi yang menyebabkan pesan tidak bisa dibaca, steganografi mengandung informasi yang tetap bisa dibaca oleh orang tetapi memiliki pesan atau informasi lain yang terkandung di dalamnya.

Di masa perang dunia kedua steganografi banyak digunakan dengan cara invisible ink, microdot di bawah perangko, atau apalah lagi caranya. Tetapi konon dulu pertama kali dilakukan di zaman Greeks (Yunani yak?) dengan menutupi pesan yang ada di atas meja dengan lilin.

Contoh mudahnya ada pada kalimat berikut ini :

Mamanya Intan Namanya Tante Ana. Usil Ampun Nan Garing

Kalimat tersebut berisi informasi MINTA UANG, yang diambil dari huruf pertama masing-masing kata pada kalimat tersebut.

Nah, sekarang tugas kali ini meminta saya menyembunyikan informasi dengan cara yang hampir mirip. Tapi ga seru lah kalo ga melalui sebuah gambar. Berikut ini adalah gambarnya.






Agar pesan yang Anda dapatkan benar, klik dulu gambar di atas sehingga browser memberikan tampilan yang lebih besar bagi gambar tersebut. Kemudian baru setelah itu klik kanan dan pilih "Save Image As..." atau menu yang setara dengan itu. Ukuran gambarnya harus sama, yaitu 703 x 526 sehingga petunjuk yang saya berikan secara implisit di gambarnya akan dapat digunakan dengan maksimal

Nah, sebagai bocoran, informasi yang terkandung di dalam gambar di atas berisi kalimat “ KULIAH DITIADAKAN”, dengan huruf kapital dan spasi di depannya.

Pertanyaannya adalah, kira-kira bagaimana saya menyembunyikan pesan tersebut di gambar yang saya masukkan di atas? Silahkan tebak melalui comment di sini.

Kalau perlu, mungkin Anda bisa buktikan dengan screenshot beberapa belas baris kode dan hasil yang diberikan oleh kode itu. Gampang kok, ga susah-susah banget. Manual juga bisa, kalo memungkinkan (saya malah tidak tahu-menahu caranya).

Comment nya tidak akan saya moderasi, jadi kalo bener ga akan saya hapus kok. Hahahahaha.

Sesuai dengan instruksi Pak Budi Rahardjo, solusi dari masalah ini akan saya posting dalam beberapa minggu ke depan.

Ok, selamat menjawab

Tidak ada komentar: