Senin, 01 Maret 2010

Bagaimana mengetahui pemilik domain dan list subdomain *.itb.ac.id

*Tulisan ini dibuat sebagai assignment II Kuliah Keamanan Informasi dengan dosen Pak Budi Raharjo http://rahard.wordpress.com/

Bagaimana mengetahui pemilik detik.com? Caranya mudah, yaitu dengan masuk ke website http://who.is (Nama yang unik, saya ingin memiliki nama domain seperti ini, seperti misalnya Pak Kuncoro di http://kun.co.ro :)). Tapi memangnya ada yak domain .kar untuk http://zul.fi.kar? )

Berikut ini adalah screenshot nya :



Dengan demikian kita bisa tau bahswa yang mendaftarkan domain detik.com adalah NETWORK SOLUTIONs,LLC.

Nah, tugas berikutny adalah mendata berapa banyakkah jumlah subdomain dari .itb.ac.id. Untuk itu, command host melalui terminal. Referensinya, ada di http://freebsdhowtos.com/62.html.

Commandnya adalah :

host -l lowlife.org > /home/zulfikar/zul.txt


Saya menuliskan hasil listing tersebut di sebuah file yang bernama zul.txt. Dengan demikian, hasil yang didapat adalah sebagai berikut :



Jumlahnya banyak sekali di sana kan? Untuk mendata berapakah jumlah pastinya, maka saya - sekalian exploring tentang bash script (atau apa sih namanya yang depannya pake #!/bin/bash) maka saya membuat sebuah script sederhana untuk menghitung jumlah subdomain tersebut, dengan menghitung jumlah baris di dalam file zul.txt. Berikut ini adalah screenshot programnya



Kemudian saya run script (sangat) sederhana itu melalui terminal di Ubuntu. hasilnya adalah :

2 komentar:

budi mengatakan...

Wah yang saya minta adalah pemilik domain detik.com, bukan registrarnya. Coba cek lagi ya.

budi mengatakan...

Tambahan lagi. Perlu diperhatikan bahwa keluaran dari zone transfer tidak murni 4th level domain seperti yang saya minta. Jadi jumlah barisnya tidak menjamin jumlah unique domain name.

Dari contoh screenshot bisa dilihat bahwa antivirus.itb.ac.id menempati beberapa baris. Padahal seharusnya dihitung satu saja. Jadi harus buat skrip yang lebih dari itu :)

Btw, kalau untuk menghitung jumlah baris bisa digunakan perintah "wc -l filename"

Endangered Animal of the Day : Lupakah Kita Akan Keberadaan Mereka?