Jumat, 24 Oktober 2008

Intrepid akan segera lahir.....



Yak, ini dia yang saya tunggu-tunggu! versi ubuntu dengan codename intrepid ibex akan segera lahir (rilis - red). akhirnya ubuntu saya bakalan update untuk yang kedua kalinya. tapi tunggu dulu, jangan2 ada yang tidak tau intrepid..........

Intrepid adalah salah satu codename, atau apalah namanya, dari salah satu OS linux paling terkenal di jagat linux saat ini : ubuntu. Ubuntu tau kan? jadi ubuntu teh salah satu Open Source Software (OSS). bagi para programmer OSS adalah salah satu pilihan yang paling bagus. Dengan legal, programmer dapat memodifikasi dan kembali merilis operating sistem versinya sendiri, tanpa harus bertentangan dengan hukum, atau mungkin hanya sedikit memodifikasi softwarenya untuk kenyamanan dirinya. Setiap OSS selalu memberikan source code dari programnya, dan setiap orang bebas untuk memodifikasinya, tentu saja dengan mencantumkan siapa pembuat aslinya, dan apa saja yang dimofikasi. Kenapa harus OS?

Di zaman sekarang ini, di mana kesadaran hukum para penegak hukum semakin tinggi (gw bukan bilang kesadaran rakyat loh.....) razia software bajakan semakin sering dilakukan. (yah, walaupun di kamus tercinta n BEC kayak gituan mah biasa sih, toh polisi konon dapet bagian juga dengan tidak merazia mereka). di sisi lain, kita juga ga pengen kan membajak atau mencuri duit royalti dari orang lain yang membuat software yang tentu berarti software yang kita pake bukan hak kita untuk menggunakannya?

nah, itulah kenapa kita harus pake OSS, karena OSS free, easy to be modified, and of course : LEGAL.

Nah, kembali ke ubuntu. Ubuntu adalah salah satu operating system yang bersifat OSS (OSS sebenernyy punya license juga, untuk ubuntu namanya GNU public license, ga tau yang lain) dan paling user oriented. sangat cocok untuk mereka yang baru pindah dari windows dan terbiasa dengan GUI (graphical user interface) bertipe WIMP. (kebanyakan OSS pake WIMP sih, ga tau gw udah ada yang ZUI belum). supportnya sangat banyak tersedia. di Indonesia sendiri, segala support bisa didapatkan di http://www.ubuntu-id.org

Di samping itu, selain di banyak komputer tidak perlu menggunakan driver seperti di Windows, ketika terinstall, segala fitur basik komputer sudah terinstall pula : office, multimedia, dan browser internet. jadi Anda tidak perlu lagi cari installer Office lah, apa lah.... dan yang paling penting, Anda tidak perlu mengkhawatirkan virus di ubuntu, karena virus yang bekerja di ubuntu sangat sedikit - atau mungkin tidak ada. Software lainnya, selain yang saya sebutkan di atas, bisa didownload dari server yang ada hampir di seluruh dunia....... jadi, Anda tidak usah kuatir mempunyai OS yang itu2 aja. Tampilan? sangat beragam. klik http://gnome-look.org yang memuat banyak sekali pilihan tampilan untuk ubuntu.

Uniknya, ubuntu - sebagai salah satu variasi linux yang jelaskan di atas - memiliki jadwal update version 6 bulan sekali. nomor versinya pun sangat unik. misalnya hardy heron, codename untuk ubuntu 8.04, berarti dirilis pada tahun 2008 pada bulan keempat. oleh karena itu, intrepid akan lahir dengan nomor versi 8.10.

Inilah Codename ubuntu dari versi tahun 2004 (ubuntu juga suka banget sama binatang, liat aja nama belakangnya.....
  • Ubuntu versi 4.10 Warty Warthog (kernel 2.6.7 dan Gnome v2.8)

  • Ubuntu versi 5.04 Hoary Hedgehog (kernel 2.6.10, Gnome v2.10)

  • Ubuntu versi 5.10 Breezy Badger (kernel 2.6.12, Gnome v2.12.1)

  • Ubuntu versi 6.06 Dapper Drake (kernel 2.6.15, Gnome v2.14)

  • Ubuntu versi 6.10 Edgy Eft (kernel 2.16.17, Gnome v2.16)

  • Ubuntu versi 7.04 Feisty Fawn (kernel 2.6.20, Gnome v2.18)

  • Ubuntu versi 7.10 Gutsy Gibbon (kernel 2.6.22, Gnome v2.20)

  • Ubuntu versi 8.04 Hardy Heron

  • Ubuntu versi 8.10 Intrepid Ibez
Sementara itu, ubuntu sendiri adalah bahasa africa yang artinya "Humanity to others". bertujuan membawa semangat ubuntu ke seluruh dunia melalui OSS yang sangat spektakuler.


Jadi, tunggu apalagi???? VIVA OSS!

1 komentar:

atmo4th mengatakan...

pengen juga sih nyoba ubuntu,, tapi kayaknya ga bisa jadi primary OS, soalnya kalau masalah gaming, developer game jarang yang minat ke linux. >_<

Endangered Animal of the Day : Lupakah Kita Akan Keberadaan Mereka?